Pelantikan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gelombang IV

Dalam rangka Penyederhanaan Birokrasi Pemerintahan dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diwujudkan dalam perubahan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional, Kemendikbud melakukan Pelantikan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gelombang IV.

previous arrow
next arrow
Slider
Berita Pendidikan Berita Diklat Berita Instansi Artikel Progli
Berita Pendidikan di Indonesia Berita Diklat Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi
Bidang Otomotif dan Elektronika
Berita Instansi Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi
Bidang Otomotif dan Elektronika

Artikel Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi
Bidang Otomotif dan Elektronika

Selengkapnya Selengkapnya Selengkapnya Selengkapnya
   
 Siaran Pers
 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Nomor: 198/sipres/A6/VII/2020
 
Putera Sampoerna Foundation dan Tanoto Foundation Tak Pakai APBN di
Program Organisasi Penggerak

 

Jakarta, Kemendikbud – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan Putera Sampoerna Foundation bersama Tanoto Foundation dipastikan menggunakan skema pembiayaan mandiri untuk mendukung Program Organisasi Penggerak (POP). Dengan demikian, kedua yayasan yang selama ini bergerak di bidang pendidikan tersebut tidak memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Berdasarkan masukan berbagai pihak, kami menyarankan Putera Sampoerna Foundation juga dapat menggunakan pembiayaan mandiri tanpa dana APBN dalam Program Organisasi Penggerak dan mereka menyambut baik saran tersebut. Dengan demikian, harapan kami ini akan menjawab kecemasan masyarakat mengenai potensi konflik kepentingan, dan isu kelayakan hibah yang sekarang dapat dialihkan kepada organisasi yang lebih membutuhkan,” kata Nadiem di Jakarta, Senin (27/7).

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 29 Pejabat Eselon 1 dan 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilantik pada Hari ini (21/7). Pelantikan sendiri dipimpin langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, secara virtual

Nadiem berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk dapat selalu berpikir kreatif dan bertindak inovatif dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. “Cara-cara lama tidak bisa lagi dipakai untuk menghadapi tantangan baru. Kita sebagai orang yang diberikan amanah memajukan pendidikan di Indonesia harus bisa berusaha sebaik-baiknya, semampu-mampunya, sekuat-kuatnya,” kata Mendikbud Nadiem dalam pelantikan secara virtual, Selasa (21/7).

Untuk pejabat eselon I yang dilantik hari ini diantaranya Nizam sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Chatarina Muliana Girsang sebagai Inspektur Jenderal Kemendikbud, dan Jumeri sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud.

Mendikbud juga melantik 19 pejabat eselon II di lingkungan Kemendikbud yakni Luizah F. Saidi sebagai Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Bahasa, Yaswardi sebagai Kepala P4TK Bidang Jasmani dan Bimbingan Konseling, Subandi sebagai Kepala P4TK Bidang Pkn dan IPS, Enang Ahmadi sebagai Kepala P4TK Bidang IPA.

Selanjutnya Wartanto sebagai Direktur Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Sabli sebagai Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bisnis dan Pariwisata, Raden Ruli Basuni sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Pertanian, Sarjilah sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Seni dan Budaya, Supriyono sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri, Rasoki Lubis sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Bangunan dan Listrik.

 

Dalam rangka penyederhanaan birokrasi pemerintahan dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diwujudkan dalam perubahan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional, Kemendikbud melakukan Pelantikan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gelombang IVsecara resmi pelantikan dipimpin Sekretaris Jenderal Kemendikbud Prof. Ainun Na'im, Ph.D. atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Jum’at, (24/07/2020) Jakarta. 

147 pejabat Kemendikbud 30 orang diantaranya hadir secara fisik terdiri dari 3 orang Pusdatin, Direktorat Perlindungan Kebudayaan 1 orang, 4 orang LPMP Propinsi DKI Jakarta, 4 orang Museum Kebangkitan Nasional, 2 orang UNJ, 9 orang dari BBPPMPV Bisnis Pariwisata, 1 orang BBPPMPV Bahasa,  Dirjen Pendidikan Vokasi 1 orang,dan dari Biro SDM 5 orang. 

Sedangkan pelantikan jarak jauh terdiri dari 12 propinsi di Indonesia diantaranya dari Prop.Jawa timur 12 orang, 22 orang  Sulawesi Selatan,  12 orang Sumatera Barat, 10 orang Aceh, 8 orang Kalimantan Timur, 5 orang Maluku, 8 orang Sumatera Selatan, 8 orang NTB, 4 orang Kepulauan Riau, 6 orang Gorontalo, dan 6 orang Sulawesi Tengah. Teknis pelantikan jarak jauh  pejabat fungsional dari BBPPMPV BOE bersama pejabat fungsional PPPPTK IPS Pkn dilaksanakan di gedung Proklamasi Batu – Malang. 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, secara keseluruhan Kemendikbud akan melantik 424 pejabat fungsional sebagai proses restrukturisasi, harapannya agar  pejabat yang dilantik dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya dengan melakukan penyesuaian, mengembangkan diri lebih lanjut, sehingga dapat menerapkan dan menghasilkan dari tujuan restrukturisasi tersebut. 

Langkah strategis dan restrukturisasi tersebut menyangkut penataan kelembagaan agar birokrasi yang ada dikemendikbud menjadi lebih baik, lebih efiesien dan efektif, sehingga layanan pendidikan dan kebudayaan pada masyarakat  menjadi lebih baik.(hmy)

 

Tata cara download sertifikat Webinar 

Output Kegiatan Diklat Tahun 2019

   Kegiatan Sasaran Realisasi Prosentase
1  Diklat dan UKK Guru SMK  375   371   
2  Diklat Implementasi STEM SKK Revitalisasi  1.351   1.347  
3  Diklat Teknis SMK Revitalisasi  120   119   
4  Diklat PTK ke Luar Negeri Guru SMK  46   46   
5  Diklat UKK Guru SMK Papua dan Papua Barat  45   40  
6  Pembekalan Guru Inti PKP  594   594   
7  Diklat PKP SD dan SMK  21.300  20.509   
8  Bimtek Pengajar Diklat Penguatan Kepala Sekolah  397   396   
9  Diklat Penguatan Kepala Sekolah   6.750   6.738   
10  Diklat Penguatan Kepala Sekolah (Banpem LPD)  18.315  17.352   
11  Diklat Program PKKSK CPNS Guru Kejuruan  105   61   
12  Diklat PNBP  317   317   
                                                                  Selengkapnya      

Informasi Layanan Publik

 

 

 Maklumat Pelayanan  Survey
 Maklumat Pelayanan 2020  Hasil Survei Kepuasan Layanan Publik Jan s.d Juni 2020
   Hasil Survei Kepuasan Masyarakat 2019
 Diklat  Hasil Survei Kepuasan Masyarakat
 Standar Pelayanan Program Pendidikan dan Pelatihan DIPA  Form Survei Performance Layanan Web
 Tentang PNBP  Form Survei Kepuasan Pelayanan Publik
 Daftar Diklat PNBP 2020  
Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Bidang Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika.    Layanan Pengaduan
 Fasilitas  Pengaduan Masyarakat
 Standar Pelayanan Sewa Fasilitas (PNBP Umum)  Prosedur Pengaduan
   SOP Layanan Pengaduan
   
 Penguatan Pengawasan  
 Laporan Gratifikasi Online  Info Grafis
   Whistleblowing System Kemdikbud   Info Grafis Benturan Kepentingan
   Sosialisasi SPIP di Website  Info Grafis Whistle Blowing System

 

1 | 2 | 3

2020
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BALAI BESAR PENGEMBANGAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN VOKASI
BIDANG OTOMOTIF DAN ELEKTRONIKA