Penataan Tatalaksana

Penataan area Tata Laksana diharapkan mendukung reformasi birokrasi khususnya penciptaan layanan organisasi yang cepat, valid, transfaran, dan akuntabel. Moto layanan yang dikembangkan meliputi: Cepat, Tepat, Akurat dan Ramah (CeTAR). Keramahan budaya timur selalu mewarnai layanan bermutu yang diberikan. Pemanfaatan Teknologi Informasi merupakan strategi dalam mendukung penataan ketatalaksanaan organisasi.

Program reformasi birokrasi pada area Penguatan Tata Laksana yang telah dilaksanakan meliputi:

  1. Penyusunan peta bisnis proses yang diwadahi dalam SMM ISO 9001: 2008 dan revisi SMM ISO 9001: 2015 sejak 2003 sampai sekarang,
  2. Prosedur Operasional Standard (POS) dalam kaitannya dengan SMM ISO,
  3. Penyusunan dan evaluasi Standar Pelayanan Kemendikbud,
  4. Pemanfaatan Komputer dalam pengelolaan organisasi, meliput:
    • SIM Diklat yang telah dibangun sejak 2011,
    • Sistem kehadiranFingerprint yang digabung dengan sistem pembayaran TUKIN yang telah dibangun sejak 2014,
    • Pemanfaatan SIMAK BMN, SAI, ...
  5. Portal informasi laman resmi: p4tkboemalang.kemdikbud.go.id
  6. Pemanfaatan e-procurement dalam proses pengadaan barang dan jasa di PPPPTK BOE Malang sesuai peraturan yang berlaku.

 

PROGRAM KERJA TAHUN 2020
ZONA INTEGRITAS –WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI
(ZI-WBBM)
BIDANG II - PENATAAN TATALAKSANA

Target program kerja bidang II – PENATAAN TATALAKSANA :

1. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama

  • Semua SOP unit telah mengacu peta proses bisnis dan juga melakukan inovasi yang selaras;
  • Telah menerapkan seluruh SOP yang ditetapkan organisasi dan juga melakukan inovasi pada SOP yang diterapkan;
  • Seluruh SOP utama telah dievaluasi dan telah ditindaklanjuti berupa perbaikan SOP atau usulan perbaikan SOP.

 2. E-Office

  • Telah memiliki sistem pengukuran kinerja yang menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi;
  • Telah memiliki operasionalisasi manajemen SDM yang menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi;
  • Telah memberikan pelayanan kepada publik dengan menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi;
  • Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik dilakukan bulanan.

3. Keterbukaan Informasi Publik

  • Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik sudah diterapkan;
  • Sudah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik.