Sosialisasi Program Revitalisasi dan Pemetaan Potensi BBPPMPV/BPMPV KPTK

Perubahan nama lembaga PPPPTK (Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan menjadi Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi sesuai Permendikbud Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud, dengan adanya perampingan Struktur organisasi memangkas sejumlah jabatan struktural dan mengalihkan ke jabatan fungsional tertentu

POLTEKAD KODIKLATAD Jalin Kerjasama
dengan BBPPMPV BOE

Perubahan regulasi dan perkembangan organisasi Kemendikbud yang membuat nama VEDC berganti nama mulai dari PPPGT, PPPPTK BOE dan sekarang berdasarkan Permendikbud Nomor 26 Tahun 2020 berganti menjadi BBPPMPV Bidang Otomotif dan Elektronika atau Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika.

previous arrow
next arrow
Slider
Berita Pendidikan Berita Diklat Berita Instansi Artikel Progli
Berita Pendidikan di Indonesia Berita Diklat Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi
Bidang Otomotif dan Elektronika
Berita Instansi Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi
Bidang Otomotif dan Elektronika

Artikel Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi
Bidang Otomotif dan Elektronika

Selengkapnya Selengkapnya Selengkapnya Selengkapnya

 

Survei Kepuasan Masyarakat

Pelaksanaan survei berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi, Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik.

Survei ini dilaksanakan 6 (enam) bulan sekali, yaitu di bulan Juni dan Desember 2019. Instrumen survei diberikan langsung kepada masyarakat umum yang berkunjung ke PPPPTK BOE.

Hasil survei menyatakan pendapat masyarakat penerima layanan mengenai pengalaman dalam memperoleh pelayanan di PPPPTK BOE, dan diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan kepada masyarakat.

  1. Survei terhadap persepsi layanan
    Survei ini meliputi kemudahan persyaratan dan prosedur, ketepatan produk layanan, kecepatan dan biaya pelayanan, sikap dan kompetensi petugas pemberi layanan, kenyamanan sarana dan prasarana, serta fasilitas pengaduan layanan.


    Dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa 41% responden menyatakan pelayanan di PPPPTK BOE sangat memuaskan, 43% responden menyatakan memuaskan, dan sisanya merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. Unsur yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi petugas pemberi layanan yang mencakup pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman dalam melayani masyarakat.

    Sebagai tindak lanjut dalam upaya meningkatkan kompetensi petugas pemberi layanan adalah melalui pendidikan dan pelatihan pelayanan publik, hubungan masyarakat, komunikasi publik, dan juga memahami sejarah dan kiprah PPPPTK BOE.

  2. Survei terhadap persepsi korupsi, kolusi, dan nepotisme

    Survei ini meliputi keberadaan praktik percaloan, tambahan biaya, pemberian komisi dan tanda terima kasih, dan praktik KKN dalam pelayanan.

    Dari grafik di atas dapat diketahui bahwa hampir seluruh masyarakat menyatakan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam pelayanan tidak terjadi di PPPPTK BOE, 14% orang menyatakan pernah melihat, mendengar, dan atau melakukan tindakan KKN dalam bidang pelayanan masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari budaya dan adat untuk memberikan tanda terima kasih/ cinderamata/ komisi setelah memperoleh layanan yang memuaskan.

    Media yang digunakan sebagai alat kampanye anti korupsi antara lain stiker, poster, dan spanduk.

    Sebagai tindak lanjut dalam upaya meniadakan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam pelayanan, maka segala bentuk pemberian akan dicatat dalam laporan dan dimasukkan ke lemari gratifikasi.

Output Kegiatan Diklat Tahun 2019

   Kegiatan Sasaran Realisasi Prosentase
1  Diklat dan UKK Guru SMK  375   371   
2  Diklat Implementasi STEM SKK Revitalisasi  1.351   1.347  
3  Diklat Teknis SMK Revitalisasi  120   119   
4  Diklat PTK ke Luar Negeri Guru SMK  46   46   
5  Diklat UKK Guru SMK Papua dan Papua Barat  45   40  
6  Pembekalan Guru Inti PKP  594   594   
7  Diklat PKP SD dan SMK  21.300  20.509   
8  Bimtek Pengajar Diklat Penguatan Kepala Sekolah  397   396   
9  Diklat Penguatan Kepala Sekolah   6.750   6.738   
10  Diklat Penguatan Kepala Sekolah (Banpem LPD)  18.315  17.352   
11  Diklat Program PKKSK CPNS Guru Kejuruan  105   61   
12  Diklat PNBP  317   317   
                                                                  Selengkapnya      

Informasi Layanan Publik

 

 

 Maklumat Pelayanan  Survey
 Maklumat Pelayanan 2020  Hasil Survei Kepuasan Layanan Publik Jan s.d Juni 2020
   Hasil Survei Kepuasan Masyarakat 2019
 Diklat  Hasil Survei Kepuasan Masyarakat
 Standar Pelayanan Program Pendidikan dan Pelatihan DIPA  Form Survei Performance Layanan Web
 Tentang PNBP  Form Survei Kepuasan Pelayanan Publik
 Daftar Diklat PNBP 2020  
Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Bidang Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika.    Layanan Pengaduan
 Fasilitas  Pengaduan Masyarakat
 Standar Pelayanan Sewa Fasilitas (PNBP Umum)  Prosedur Pengaduan
   SOP Layanan Pengaduan
   
 Penguatan Pengawasan  
 Laporan Gratifikasi Online  Info Grafis
   Whistleblowing System Kemdikbud   Info Grafis Benturan Kepentingan
   Sosialisasi SPIP di Website  Info Grafis Whistle Blowing System

 

2020
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BALAI BESAR PENGEMBANGAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN VOKASI
BIDANG OTOMOTIF DAN ELEKTRONIKA